Rabu, 13 November 2019

Merokok Memang Bikin Muka Lebih Tua Ternyata Itu Bukan Mitos

Waktu Indonesia Berita - Para ilmuwan telah menemukan bukti bahwa merokok dapat membuat wajah terlihat lebih tua.
Dilansir dari Newsweek, sebuah tim dari Universitas Bristol, menggunakan data genetik dari Biobank Inggris. Data ini melibatkan 500 responden.
Para peneliti mempelajari 18 ribu sifat berbeda untuk melihat sejauh mana rokok dapat memengaruhi seseorang.
Hasilnya, para peneliti menemukan, selain merusak kesehatan paru-paru, merokok juga dapat memengaruhi penampilan wajah.
Semakin sering orang merokok, maka jumlah kerutan yang ada di wajah juga akan semakin cepat bertambah. Inilah yang menyebabkan wajah seorang perokok tampak lebih tua.
"Kami mencari belasan ribu sifat untuk mengidentifikasi bagaimana kebiasaan merokok memengaruhi kondisi seseorang," ujar Louise Millard, penulis utama dalam studi ini. Louise dan timnya menggunakan dua metode untuk menguji hipotesis mereka.
Metode pertama dikenal sebagai mendelian randomization, yakni melihat variasi genetik dalam DNA untuk membantu memahami bagaimana faktor risiko tertentu memengaruhi kesehatan.
Metode ke duaka ahli membandingkan asosiasi genetik pada orang yang merokok dan tidak merokok. Hal ini untuk mengatasi bias dalam metode Mandelian randomization.
Meski sudah menemukan fakta, Millard berkata masih diperlukan penelitian lain untuk memastikan hubungan sebab-akibat antara merokok dengan penuaan wajah. Louise dan tim berharap, temuan mereka dapat membantu perokok untuk berhenti merokok. 


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar