Selasa, 05 Maret 2019

Olahraga, Lebih Baik Malam atau Pagi?


Waktu Indonesia Berita - 
Beberapa data menunjukan, dari tahun ke tahun, tingkat kesadaran masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat semakin meningkat. Data tersebut didukung oleh tren olahraga yang semakin hits beberapa tahun belakangan ini.
Bahkan, kegiatan yang sibuk dan padat tak lagi menghalangi banyak orang untuk tetap berolahraga. Hal tersebut terlihat dari semakin tipisnya batasan waktu untuk menjalakan olahraga. Tak hanya di pagi hari, di malam hari pun mulai banyak orang yang menggunakan waktunya untuk berolahraga.
Namun, olahraga di malam hari masih menjadi pertanyaan banyak orang. Apakah sama menyehatkannya dengan olahraga pagi hari? Apakah tak menimbulkan masalah kesehatan?
Untuk mengetahui jawabnya, dr. Michael Triangto, Sp.KO, punya penjelasannya untuk kamu.
"Apa yang membedakan lari pagi, siang, sore, malam? Udaranya? Fisik capek? Yang membedakan adalah sinar mataharinya. Orang selalu berusaha lari yang ada sinar mataharinya, karena meraka percaya olahraga paling sehat itu adalah ketika ada paparan cahaya matahari pagi, karena banyak memberikan tubuh kita vitamin D. Selain itu, udara di pagi hari juga lebih segar," katanya kepada di kawasan Ancol, Jakarta Utara, baru-baru ini.
Namun, Michael menegaskan, lari atau olahraga kapan pun juga, itu tetap baik, dibandingkan tidak melakukannya sama sekali. Hanya saja, olahraga di malam hari harus lebih memperhatikan waktunya agar tidak mengganggu pola tidur. Karena, tidak boleh berolahraga berdekatan dengan waktu tidur.
"Yang penting itu jangan berlebihan olahraganya. Hitung denyut nadi, jadi olahraga sesuai kemampuan. Jeda olahraga dengan tidur itu kurang lebih dua jam. Jadi kalau pagi tidak semua orang memiliki waktu yang panjang. Waktunya pendek terbentur waktu masuk kerja. Lakukan olahraga malam juga tidak ada masalah, lebih panjang waktunya, tidak teburu-buru. Tapi jangan lupa memikirkan jarak waktu untuk tidurnya," jelasnya.
Michael juga mengatakan, olahraga di malam hari bisa membantu masalah tidur seperti insomnia, asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh. Karena jika tidak sesuai, tubuh akan dehidrasi dan justru akan mengakibatkan sulit tidur.[]

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar