Minggu, 16 Februari 2020

Ajaib, Ini 6 Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa dari Tomat

Waktu Indonesia Berita - Banyak dikonsumsi karena sifatnya yang berair dan rasanya yang tajam, Tomat adalah bahan umum yang banyak digunakan dalam hidangan di hampir setiap rumah tangga India dan dalam masakan di seluruh dunia. 
Penuh dengan nutrisi, Makanan super ini menawarkan berbagai Manfaat kesehatan selain dari menambah warna dan rasa pada Makanan kamu. Dilanisr dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa Manfaat kesehatan luar biasa dari Tomat.
Menurunkan risiko penyakit jantung
Tomat mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang mencegah penumpukan kolesterol, tetapi mereka terutama mengandung lycopene yang telah dikaitkan dengan mencegah pembentukan LDL teroksidasi dan penyerapannya oleh makrofag yang ada di dalam dinding arteri.
Selain mengurangi kadar LDL, senyawa-senyawa seperti likopen, beta-karoten, asam folat, kalium, falvonoid, vitamin C dan vitamin E membantu mengurangi agregasi trombosit dan tekanan darah. Baca lebih lanjut tentang Makanan yang mengurangi kolesterol dan mencegah penyakit jantung.
Membantu mencegah kanker
Tomat memiliki banyak antioksidan dan Manfaat anti-inflamasi yang membuatnya bagus untuk mencegah kanker. Sebuah studi mengungkapkan kesehatan pria yang mengonsumsi 2-4 porsi saus Tomat setiap minggu menghasilkan 35% pengurangan risiko kanker prostat dan 50% pengurangan risiko kanker prostat.
Membantu penurunan berat bada
Tomat sangat rendah kalori. Dengan porsi 100 g hanya mengandung 18 kalori. Juga, Tomat memiliki serat yang membantu kamu merasa lebih kenyang sehingga memastikan kamu tidak makan berlebihan.
Mencegah sembelit
Sembelit disebabkan karena Makanan tersangkut di usus besar kamu dan bisa menjadi kondisi yang sangat tidak menyenangkan untuk ditangani. Tomat mengandung banyak air dan serat yang membantu membersihkan Makanan yang tersangkut di usus sehingga menyembuhkan sembelit. 
Mencegah penuaan dini
Seiring bertambahnya usia, kulit kita mengalami kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya kerutan dan garis-garis halus. Meskipun proses ini tidak bisa dihindari, Tomat mengandung antioksidan yang akan menunda itu.
Meningkatkan penglihatan
Meskipun Tomat tidak kaya sumber vitamin A seperti wortel, namun masih merupakan sumber nutrisi yang baik. Vitamin A membantu dalam mencegah gangguan penglihatan seperti degenerasi makula terkait usia yang diderita orang di usia tua.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar